Arti lambang terbaru Kabupaten Mempawah Paling Lengkap

Arti lambang terbaru Kabupaten Mempawah Paling Lengkap. Setiap daerah tentulah memiliki "lambang" atau "logo" untuk daerahnya masing-masing. Lambang atau logo ini dapat memiliki arti yang menunjukkan ciri khas dari daerah tersebut. Termasuk dengan Kabupaten Mempawah yang baru berganti nama ini juga memiliki Lambang yang seperti halnya Indonesia memiliki lambang pancasila.

Nah, saat ini saya akan sedikit menjelaskan mengenai arti dan maksud dari "lambang kabupaten Mempawah".


LAMBANG TERBARU KABUPATEN MEMPAWAH

Kabupaten Mempawah adalah salah satu kabupaten yang terletak di Kalimantan Barat. Kabupaten yang berulang tahun pada 22 juli ini telah melakukan pergantian lambang dari daerahnya. Hal ini dikarenakan daerah kabupaten ini telah berganti nama dari yang sebelumnya bernama Kabupaten Pontianak kini menjadi Kabupaten mempawah.

Nah, pergantian nama ini lah yang sebenarnya mendasari dalam pergantian lambang daerah juga.

Lambang ataupun logo terbaru Kabupaten Mempawah ini, sebelumnya telah di buat dengan cara pengadaan pembuatan sayembara Logo yang juga telah direvisi dan disempurnakan dengan memadukan unsur dari logo yang lama. Kemudian Lambang atau logo ini, telah resmi di setujui oleh DPRD Kab. Mempawah pada tanggal 18 Februari 2015.

Secara umum, "logo Kabupaten Mempawah" berbentuk perisai berwarna merah dan putih. Bagian atasnya berwarna hijau yang bertuliskan "KABUPATEN MEMPAWAH". Di bagian tengah perisai, terdapat lingkaran biru yang mengandung gambar payung, pena, buku, dan nampan; yang dikelilingi lingkaran hijau yang mengandung gambar bintang bersudut lima, padi, kapas, dan pita; yang kemudian dikelilingi roda gigi berwarna biru. Di bagian bawah perisai, terdapat pita berwarna kuning yang bertuliskan "MAJU DENGAN ILMU".

Arti dan Makna

Arti dari "lambang kabupaten Mempawah" ini memiliki arti pada setiap gambar yang ada pada bagian lambangnya tersebut, yaitu :

  1. Gambar perisai dengan warna merah dan putih itu memiliki arti bahwa Kabupaten Mempawah berada di dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Selanjutnya untuk gambar dari Payung, pena, buku, dan nampan memiliki arti sejarah terbentuknya Kabupaten Mempawah yang berasal dari Kerajaan Mempawah dan Kerajaan Bakule Rajakng. Selain itu, unsur ini juga bermakna kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat, serta bermakna pemerintah yang senantiasa dalam mengayomi seluruh lapisan masyarakat, dan juga bermakna sebagai pertanda ilmu.
  3. Kemudian, untuk gambar 21 bulir padi, 7 bunga kapas, 2 simpul pita, dan 14 gerigi menyimbolkan tanggal 21 Juli 2014 yang memiliki makna sebagai tanggal ditetapkan nya perubahan nama Kabupaten Pontianak menjadi Kabupaten Mempawah
  4. Kemudian untuk tulisan “Maju Dengan Ilmu” kata-kata menyatakan bahwa Kabupaten Mempawah hendak didaulat menjadi kota pendidikan layaknya Yogyakarta di Pulau Jawa.
"Saat ini untuk mewujudkan pembangunan pendidikan sudah mulai dilakukan. Beberapa lembaga pendidikan tinggi telah berdiri di Kabupaten Mempawah ini," ujar Bupati Pontianak Ria Norsan
Kampus yang sudah ada saat ini di kabupaten mempawah di antaranya Balai Diklat Perhubungan Darat, IPDN, dan sudah aktif Kampus STAIM. Sehingga untuk perubahan dan logo ini daerah terus melakukan penyesuaian terutama dari masalah adminiatratif.


Terimakasih karena anda telah membaca tulisan kali ini tentang "Arti lambang terbaru Kabupaten mempawah"

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Keren banget bang artikelnya jadi bisa tau arti lambang kabupaten mempawah
    -Nizwar ID

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.