Pontianak Kota Wisata Paling Menarik Di Indonesia

Pontianak Kota Wisata Paling Menarik Di Indonesia – Wisata yang indah dan unik tentunya dapat menjadi salah satu parameter dalam kemajuan suatu daerah, yang mana hal tersebut dapat meningkatkan kunjungan dari wisatawan lokal maupun luar.

Berbicara mengenai tempat wisata terindah di Indonesia, tentu Pontianak menjadi salah satu jawaban yang tepat untuk hal tersebut. Bahkan Berita Terbaru saat ini Pontianak sedang gencar-gencarnya membangun kotanya menjadi Kota Wisata, dan menurut Informasi Terkini untuk meningkatkan dan memperkenalkan wisatanya, kota ini telah banyak mengadakan festival budaya tingkat daerah maupun tingkat nasional. 

Pontianak Kota Wisata Paling Menarik Di Indonesia ??? Ya, kenapa tidak? Saya rasa setiap orang yang telah mengunjungi dan berkeliling wisata di Pontianak pasti akan setuju dengan hal itu.

Namun, terkadang masih ada orang yang kebingungan untuk mulai dari mana berkeliling wisata di Pontianak.

Untuk itu, pada kesematan kali ini saya akan mengajak anda untuk berkeliling kota Pontianak melalui jalur air, tepatnya yaitu melalui sungai Kapuas.

Berwisata air di Pontianak


Berwisata air Kota Pontianak

Saat ini, pariwisata di Pontianak sedang gencar-gencarnya memperkenalkan wisata airnya, yaitu sungai Kapuas dengan cara berkeliling menggunakan sebuah kapal yang disebut dengan kapal Galaherang.
Kapal wisata Galaherang
Kapal wisata Galaherang

Jika anda ingin berkeliling sungai Kapuas dengan kapal Galaherang ini, maka anda dapat pergi ke alun-alun Pontianak yang berada di Jalan Tanjung pura (di depan Kantor Walikota Pontianak) atau juga bisa ke Café Serasan yang berada di jalan Tanjung raya 2. Dengan mengeluarkan biaya sebesar 10 ribu hingga 20 ribu rupiah per orang, anda akan di ajak berkeliling ke sungai Kapuas yang indah selama kurang lebih satu jam.

Dan perlu di ketahui bahwa dengan berwisata menggunakan kapal Galaherang ini kita dapat lebih mudah menikmati wisata Kota Pontianak lainnya, karena wisata yang ada di Kota Pontianak mayoritas berlokasi di pinggiran sungai. Jadi kita bisa menikmatinya sekaligus. 
Finalis Bujang dare Pontianak 2014
Finalis Bujang dare Pontianak 2014


Anda dapat melihat Alun-alun Kapuas, Kraton Kadariyah Kesultanan Pontianak, Masjid jami’ Pontianak, Tugu Khatulistiwa, dan Pelabuhan Kuno Pontianak.


Alun-alun Pontianak

Alun-alun kapuas
sumber foto : gardeniaresortandspa.com
Taman Alun Kapuas ini merupakan salah satu lokasi wisata yang letaknya di Pinggiran Sungai Kapuas, Pontianak, tepatnya berada di depan kantor walikota Pontianak yakni di sekitaran Jalan Rahadi Usman.  

Seperti yang dikatakan di awal, di alun alun Kapuas anda dapat menaiki sebuah kapal yang di sebut dengan kapal Galaherang yang harganya 10 ribu hingga 20 ribu per orang selama kurang lebih 1 jam untuk berkeliling sungai Kapuas.

Di alun-alun Kapuas ini anda dapat menemukan taman-taman bunga yang indah dan cocok sebagai tempat untuk berkumpul dan berekreasi bersama keluarga.

Di alun-alun Kapuas juga anda dapat menemukan air mancur yang menari dengan anggunnya sesuai dengan iringan lagu-lagu yang menjadi latar belakang musik dari air mancur tersebut.

Kraton Kadariyah Kesultanan Pontianak

wisata kerajaan Pontianak
sumber foto : wisatapontianak.com


Kraton Kadariyah Pontianak adalah suatu istana kerajaan yang ada di Kota Pontianak yang menjadi promotor berdirinya Kota Pontianak. Istana di bangun oleh raja atau sultan pertama di Pontianak yaitu Sultan Syarif Abdurrahman Al-Qadri pada 14 Rajab 1185 H bersamaan 23 Oktober 1771M dan terletak 4 km dari pusat kota, tepatnya terletak di Kampung Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur. 

Di Istana yang berwarna dominan kuning ini, anda dapat melihat banyak benda-benda peninggalan kesultanan seperti Singahsana sultan, Kaca Pecah Seribu, Al-Quran tulisan tangan dan silsilah keturunan Sultan Pontianak.

Anda juga dapat melihat adanya meriam kuno buatan Perancis dan Portugis, yang konon meriam ini lah yang di gunakan untuk mengusir kuntilanak dari Kota Pontianak.

Masjid jami’ Pontianak

wisata masjid Pontianak
Finalis Bujang Dare Pontianak 2014

Masjid jami’ Pontianak adalah masjid pertama yang ada di Pontianak, yang sekaligus juga sebagai bangunan pertama yang dibangun oleh sultan Syarif Abdurrahman Al-Qadri dan bertujuan sebagai pusat dakwah agama Islam di Pontianak.

Masjid yang masih terjaga keasliannya hingga sekarang ini berdenah segi empat berukuran 33,27 meter x 27,74 meter, dikelilingi oleh selasar melingkar berpagar dapat menampung sekitar 1.500 jamaah salat sekaligus. Bagian dalam masjid terdiri dari 26 shaf, setiap shaf dapat menampung sekitar 50 jemaah ditambah dengan area selasarnya.

Jika anda berkeliling sungai Kapuas menggunakan kapal Galaherang maka anda akan mudah melihat Masjid jami’ ini berdiri dengan indahnya, karena lokasi dari masjid ini berada di tepian sungai Kapuas.


Tugu Khatulistiwa

Tugu khatulistiwa

Tugu khatulistiwa atau Equator Monument tentu menjadi salah satu lokasi yang istimewa yang ada di kota Pontianak, karena lokasi ini adalah lokasi garis lintang nol derajat yang pada waktu tertentu (saat titik kulminasi matahari) bayangan seseorang yang berada di lokasi tersebut berada tepat di bawah kaki mereka.

Titik kulminasi matahari yang terjadi di garis khatulistiwa ini terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Dan pada hari tersebut selalu diadakan suatu event untuk memeriahkannya di lokasi itu.

Ternyata letak garis lintang nol derajat sedikit mengalami pergeseran, yaitu sekitar 20-30 meter dari lokasi awal dan letaknya lebih dekat dengan sungai Kapuas.

Tugu khatulistiwa ini terletak di Siantan, Lokasinya mengarah ke Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Pontianak. Setiap pengunjung yang datang pasti selalu penasaran dan mencari tahu letak persis titik lintang nol derajat yang membelah bumi secara horizontal.

Dengan berkeliling sungai Kapuas menggunakan kapal Galaherang maka anda akan mudah melihat Tugu khatulistiwa ini melalui arah sungai, yang mana tugu tersebut berdiri dengan gagahnya seolah memanggil anda untuk mengunjunginya.

Pelabuhan Sheng Hie Pontianak

Wisata pelabuhan Pontianak
sumber foto : panoramio.info

Pelabuhan Sheng Hie Pontianak merupakan pelabuhan rakyat pertama dan sekaligus menjadi pelabuhan tertua yang berada di Kota Pontianak. Letaknya sangat strategis berhadapan dengan Sungai Kapuas dan dibelakangnya adalah jalan Tanjungpura.

Pemberian nama dari pelabuhan ini berawal dari seseorang pengusaha keturunan Cina bernama Than Seng Hie. Ia merupakan  pengusaha besar di bidang hasil bumi. Pada beberapa dekade ia membuka usaha di sekitar daerah ini. Namun disekitar tahun 1930-an usaha yang dibangunnya mengalami kemunduran. Sehingga ia terpaksa menjual tanahnya kepada pihak lain, yang diperkirakan pada masa kepemimpinan Uskup Mosieur Pasisficus Bosch.

Dengan anda berkeliling sungai Kapuas menggunakan kapal Galaherang maka anda akan melihat banyak kapal-kapal yang melakukan bongkar muat di sekitar pelabuhan tertua di Pontianak tersebut, dan hal ini dapat menjadi pemandangan yang cukup menarik karena kapal-kapal tersebut berasal bukan hanya dari Indonesia saja, tetapi juga terdapat kapal yang berasal dari luar negeri.

Nah, bagaimana berwisata di kota Pontianak? Mendengar ceritanya saja sudah membuat anda greget ingin berkunjung ya.



Semoga dengan adanya tulisan kali ini dapat membantu anda menikmati wisata di Pontianak, sehingga akhirnya anda menjadi takjub dan berkata “Pontianak Kota Wisata Paling Menarik Di Indonesia”.

Sponsor konten :

5 komentar:

  1. Seru banget kalau bisa menyusuri sungai Kapuas sembari lihat matahari tenggelam

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan ada romantis-romantisnya gitu hehe

      Hapus
  2. Wah agan ikut lomba juga ya....duluan ane sih kayaknya postingnya gan... o iya cuma mau nyaranin nih, sebaiknya yang nitip link di komentar itu ditertibkan di blog ente gan...kasian ntar

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.